Keamanan Jaringan
Aspek-Tujuan Keamanan Jaringan
Menurut Garfinkel [Simson Garfinkel, “PGP: Pretty Good Privacy,” O’Reilly & Associ-ates,
Inc., 1995. ]
1. Privacy / Confidentiality
Defenisi : menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses.
Privacy : lebih kearah data-data yang sifatnya privat , Contoh : e-mail seorang pemakai
(user) tidak boleh dibaca oleh administrator.
Confidentiality : berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan
tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut.
Contoh : data-data yang sifatnya pribadi (seperti nama, tempat tanggal lahir, social
security number, agama, status perkawinan, penyakit yang pernah diderita, nomor kartu
kredit, dan sebagainya) harus dapat diproteksi dalam penggunaan dan penyebarannya.
Bentuk Serangan : usaha penyadapan (dengan program sniffer).
Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan privacy dan confidentiality adalah
dengan menggunakan teknologi kriptografi.
2. Integrity Integrity
Definisi : informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi.
Contoh : e-mail di intercept di tengah jalan, diubah isinya, kemudian diteruskan ke alamat
yang dituju.
Bentuk serangan : Adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah
informasi tanpa ijin, “man in the middle attack” dimana seseorang menempatkan diri di
tengah pembicaraan dan menyamar sebagai orang lain.
3. Authentication
Definisi : metoda untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli, atau orang yang
mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud.
Dukungan :
Adanya Tools membuktikan keaslian dokumen, dapat dilakukan dengan teknologi
watermarking(untuk menjaga “intellectual property”, yaitu dengan menandai dokumen atau
hasil karya dengan “tanda tangan” pembuat ) dan digital signature.
Access control, yaitu berkaitan dengan pembatasan orang yang dapat mengakses
informasi. User harus menggunakan password, biometric (ciri-ciri khas orang), dan sejenisnya.
4. Availability
Definisi : berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.
Contoh hambatan :
“denial of service attack” (DoS attack), dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu)
yang bertubi-tubi atau permintaan yang diluar perkiraan sehingga tidak dapat melayani
permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash.
mailbomb, dimana seorang pemakai dikirimi e-mail bertubi-tubi (katakan ribuan e-mail)
dengan ukuran yang besar sehingga sang pemakai tidak dapat membuka e-mailnya atau
kesulitan mengakses e-mailnya.
5. Access Control
Definisi : cara pengaturan akses kepada informasi. berhubungan dengan masalah
authentication dan juga privacy
Metode : menggunakan kombinasi userid/password atau dengan
menggunakan mekanisme lain.
6. Non-repudiation
Definisi : Aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan
sebuah transaksi. Dukungan bagi electronic commerce.
JIKA INGIN BACA ARTIKEL LENGKAP NYA SILAKAN DOWNLOAD LINK DIBAWAH👇👇👇
https://fileku.co/8TcvaC
Menurut Garfinkel [Simson Garfinkel, “PGP: Pretty Good Privacy,” O’Reilly & Associ-ates,
Inc., 1995. ]
1. Privacy / Confidentiality
Defenisi : menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses.
Privacy : lebih kearah data-data yang sifatnya privat , Contoh : e-mail seorang pemakai
(user) tidak boleh dibaca oleh administrator.
Confidentiality : berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan
tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu tersebut.
Contoh : data-data yang sifatnya pribadi (seperti nama, tempat tanggal lahir, social
security number, agama, status perkawinan, penyakit yang pernah diderita, nomor kartu
kredit, dan sebagainya) harus dapat diproteksi dalam penggunaan dan penyebarannya.
Bentuk Serangan : usaha penyadapan (dengan program sniffer).
Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan privacy dan confidentiality adalah
dengan menggunakan teknologi kriptografi.
2. Integrity Integrity
Definisi : informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi.
Contoh : e-mail di intercept di tengah jalan, diubah isinya, kemudian diteruskan ke alamat
yang dituju.
Bentuk serangan : Adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah
informasi tanpa ijin, “man in the middle attack” dimana seseorang menempatkan diri di
tengah pembicaraan dan menyamar sebagai orang lain.
3. Authentication
Definisi : metoda untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli, atau orang yang
mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud.
Dukungan :
Adanya Tools membuktikan keaslian dokumen, dapat dilakukan dengan teknologi
watermarking(untuk menjaga “intellectual property”, yaitu dengan menandai dokumen atau
hasil karya dengan “tanda tangan” pembuat ) dan digital signature.
Access control, yaitu berkaitan dengan pembatasan orang yang dapat mengakses
informasi. User harus menggunakan password, biometric (ciri-ciri khas orang), dan sejenisnya.
4. Availability
Definisi : berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.
Contoh hambatan :
“denial of service attack” (DoS attack), dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu)
yang bertubi-tubi atau permintaan yang diluar perkiraan sehingga tidak dapat melayani
permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash.
mailbomb, dimana seorang pemakai dikirimi e-mail bertubi-tubi (katakan ribuan e-mail)
dengan ukuran yang besar sehingga sang pemakai tidak dapat membuka e-mailnya atau
kesulitan mengakses e-mailnya.
5. Access Control
Definisi : cara pengaturan akses kepada informasi. berhubungan dengan masalah
authentication dan juga privacy
Metode : menggunakan kombinasi userid/password atau dengan
menggunakan mekanisme lain.
6. Non-repudiation
Definisi : Aspek ini menjaga agar seseorang tidak dapat menyangkal telah melakukan
sebuah transaksi. Dukungan bagi electronic commerce.
JIKA INGIN BACA ARTIKEL LENGKAP NYA SILAKAN DOWNLOAD LINK DIBAWAH👇👇👇
https://fileku.co/8TcvaC
Komentar
Posting Komentar